Daftar Anti Virus Terbaik

| comments

Antivirus merupakan perangkat wajib yang harus dipunyai oleh sebuah komputer untuk melindungi komputer dan isi komputer dari ancaman virus-virus yang berbahaya. Bila tidak ada antivirus bisa dipastikan file-file dan data-data atau mungkin sistem operasi dan software yang ada pada komputer dapat terinfeksi berbagai macam worm, virus, spyware, dan script-script lainnya.

Mengingat pentingnya peran antivirus pada komputer maka berbagai macam antivirus pun mulai dikembangkan oleh berbagai macam perusahaan maupun perorangan guna melindungi komputer mereka secara pribadi, maupun dengan tujuan untuk dikomersilkan.

Ada 2 macam pengguna Antivirus. Yakni Home User dan Network/ Corporate User. Untuk Home user, antivirus berjalan sebagaimana kita biasa yang kita gunakan di rumah, yakni untuk melindungi komputer-komputer yang kita gunakan secara pribadi dari serangan virus. Namun, untuk versi network/ corporate, antivirus dapat melakukan scan di komputer-komputer client yang dipunyai perusahaan dan network drive.

Daftar Anti virus.jpg

Banyaknya antivirus yang berada di pasaran membuat para pengguna bebas memilih antivirus yang cocok akan kebutuhan mereka. Bahkan, dalam satu komputer bisa terdapat lebih dari 1 antivirus. Hal ini karena umumnya salah satu antivirus mempunyai keunggulannya masing-masing untuk mengalahkan virus-virus jenis tertentu.

Setiap tahunnya penilaian-penilaian terhadap kinerja antivirus terbaik pun diadakan guna menilai seberapa efektif antivirus menghadapi serangan-serangan virus berbahaya. Para penilai pun selalu memasang standard-standard tertentu untuk menempatkan antivirus di peringkat yang sesuai dengan kemampuan mereka. Hal ini tentunya membantu perusahaan dalam pemasaran produk mereka.
Beberapa Antivirus yang Sering Digunakan

Melalui lintas berita berikut ini terdapat daftar nama-nama antivirus yang berada di dalam maupun di luar negeri. Sebagian dari nama-nama antivirus di bawah ini merupakan antivirus yang menduduki peringkat terbaik, baik di dalam maupun di luar negeri. Nama-nama antivirus tersebut antara lain sebagai berikut.

AVG Anti-Virus
Avira AntiVir
Avast! Antivirus
BitDefender Antivirus
Kasperskey Anti-Virus
Webroot AntiVirus with SpySweeper
Norton AntiVirus
ESET Nod32 Antivirus
G DATA AntiVirus
Trend Micro AntiVirus
McAfee VirusScan
Panda AntiVirus
SMADAV
PC Media AntiVirus
ANSAV
Trustport
E-Secure
Sophos Anti-Virus
Norman Antivirus & Anti-Spyware
Kingsoft Antivirus
eScan Anti-Virus
F-Secure Anti-Virus
Microsoft Live OneCare
Anyware AntiVirus
F-Prot Antivirus
PC Tools antivirus
ZoneAlarm Antivirus
CA Antivirus
Vipre Antivirus + Antispyware
CyberDefender Early Detection Center
ViRobot Desktop
RAV AntiVirus
MKS Vir
Per AntiVirus
VirusBuster

Semua daftar anti virus tersebut memiliki keunggulan masing-masing. Ada yang dimiliki oleh antivirus satu namun belum tentu dimiliki oleh anti virus yang lain.
5 Antivirus Terbaik

Penggunaan antivirus dalam komputer memiliki tujuan untuk mengantisipasi kunjungan akan datangnya virus, spyware, malware, dan trojan. Semuanya adalah tamu yang tidak diundang untuk masuk ke dalam sistem komputer. Tentunya para pengguna komputer tidak ingin komputer yang sedang digunakan untuk kerja atau pun hanya untuk bermain game tiba-tiba tidak berfungsi.

Biasanya sebelum komputer menjadi tidak berfungsi, gejala yang paling sering adalah komputer menjadi sangat lambat. Hal tersebut dikarenakan adanya kinerja dari virus yang terlalu banyak memakan memory yang ada dalam komputer sehingga kinerja komputer menjadi sangat lambat.

Pastinya kita tidak ingin semua hal itu terjadi. Apalagi ketika harus dikejar deadline atas pekerjaan yang sudah menumpuk, namun semua menjadi terhambat dan semakin menumpuk ketika komputer yang kita gunakan untuk kerja tiba-tiba terkena virus.

Untuk mengantisipasi semua itu maka diperlukannya antivirus yang canggih dan mutakhir. Berikut adalah daftar 10 antivirus yang dirasa merupakan antivirus terbaik tahun ini, yakni tahun 2012.

1. Bitdefender Antivirus Plus 2013

Bitdefender Antivirus plus 2013 merupakan salah satu antivirus yang dianggap masuk ke dalam 10 antivirus terbaik tahun ini. Bitdefender Antivirus plus 2013 bisa dijalankan digunakan untuk operasi sistem yang berbasis windows, symbian os, windows mobile, ma os, dan freeBDS. Jadi secara umum software antivirus bitdefender ini bisa digunakan pada semua operasi sistem.

Software antivirus bitdefender tersedia dalam dua kemasan atau dua macam. Sebagaimana mana biasanya pada semua software antivirus yang dianggap canggih dalam membasmi virus. Kedua macam software antivirus bitdefender tersebut adalah software antivirus bitdefender yang berbayar dan software antivirus bitdefender yang tidak berbayar alias gratis.

Jika anda tidak mampu membeli antivirus bitdefender maka tidak ada salahnya untuk mencoba yang gratisan dulu. Tentunya antivirus bitdefender yang gratis tidak seampuh dengan yang berbayar serta masa penggunaan yang gratis sangat terbatas.

2. Kaspersky Antivirus 2012

Kaspersky merupakan software antivirus yang dirancang untuk bisa beroperasi pada sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X serta Linux. Namun untuk pengguna operasi sistem yang berbasis Linux hanya tersedia yang berbayar yakni yang bisnis.

Kaspersky antivirus merupakan software antivirus yang dikembangkan oleh Kaspersky Lab. Kaspersky Lab merupakan perusahaan pribadi yang dibangun oleh natalia Kasperskaya yang berkerjasama dengan eugene Kaspersky. Kerja sama tersebut terbentuk pada tahun 1997.

Kaspersky memiliki kantor yang berada di Rusia tepatnya di Moskow sebagai kantor utamanya. Cabang regional yang dimiliki oleh perusahaan Kaspersky berada di berbagai negara di antaranya adalah Britania Raya, Belanda, Perancis, Polandia, Jerman, Romania, Jepang, Swedia, Korea, Cina, dan Amerika Serikat.

Kaspersky sendiri masuk ke dalam ke dalam daftar 100 perusahaan pribadi yang ada di eropa. Seratus perusahaan pribadi ini memiliki peran penting dalam hal pengembangan inovasi teknologi yang ada di dunia. Predikat tersebut diperoleh Kaspersky dari majalah red Herring pada tahun 2005.

3. Panda Antivirus Pro 2012

Panda antivirus pro 2012 memiliki beberapa fitur yang ada pada antivirus ini. Beberapa fitur tersebut adalah antispyware, firewall pribadi, panda usb vaccine, pengamanan serta cadangan untuk penggunaan yang berbasis perusahaan maupun rumahan. Tentu saja semua fitur yang ada tersebut selain fitur antivirus sebagai fitur utamanya.

4. F-Secure Anti-Virus 2012

Fellows merupakan nama sebelumnya yang dimiliki oleh antivirus ini sebelum menjadi F-Secure. Perusahaan ini berpusat di Helsinki yang berada di Finlandia. Perusahaan yang mengembangkan F-Secure antivirus ini merupakan perusahaan yang besar. Memiliki kantor di beberapa negara yakni ada 20 kantor di 20 negara. Pusat operasi keamanan F-Secure berada di Helsinki dan Kuala Lumpur Malaysia.

5. AVG antivirus 2012

AVG antivirus 2012 adalah software antivirus yang mampu bekerja dengan baik pada sistem operasi yang berbasis Microsoft Windows baik Microsoft Windows XP, Microsoft Windows Vista, maupun Microsoft Windows 7.

AVG antivirus merupakan software antivirus yang dibuat oleh AVG Technologies. Nama dari perusahaan ini sebelumnya adalah Grisoft yang pada akhirnya berubah nama menjadi AVG Technologies.

Software AVG antivirus memiliki keistimewaan dibandingkan dengan antivirus yang lainnya yakni adanya link scanner. Lin scanner ini berfungsi untuk melakukan scanning pada tautan yang ada pada internet ketika melakukan browsing.

Keunggulan yang lainnya yang dimiliki oleh software antivirus AVG adalah adanya anti rootkit. Sitem yang dibangun pada AVG sangat baik digunakan pada browser mozilla firefox dan internet exoplorer. Sistem yang dimiliki oleh AVG juga sangat kuat untuk mendeteksi berbagai virus yang masuk menyerang komputer.

Namun hal tersebut justru menjadi kelemahan dari software antivirus AVG, karena software antivirus AVG ini hanya handal dalam mendeteksi namun kurang handal dalam menghapus virus. Virus yang terdeteksi biasanya akan dikarantina. Tentu saja hal ini berbeda dengan software antivirus lainnya yang bisa melakukan penghapusan pada virus yang terdeteksi.

Oleh karena itu software antivirus AVG memang dipandang sangat hebat dalam melakukan pendeteksian namun sangat lambat dalam pemindaian. Makanya software antivirus ini akan terlihat sangat berat ketika dijalankan karena proses pemindaian yang dilakukannya sangatlah lama.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Lintas Berita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger